Tips Memilih Rak Piring Stainless Untuk Dapur

Ingin Membeli Rak Piring Stainless? Simak Dulu Tips Di Bawah Ini

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk rak stainless sangat bermacam-macam. Mulai dari yang mini hingga besar. Namun, untuk penempatannya kamu harus mengonsepnya secara matang. Karena berkaitan dengan keindahan ruangan.

Perabotan dapur yang memiliki fungsi untuk meletakkan piring atau gelas agar tidak tercecer di mana-mana, berikut ini tips membeli rak piring stainless steel yang harus diikuti.

Kelebihan Menggunakan Bahan Stainless

Sebelum membahas lebih jauh terkait apa saja tips-tipsnya. Kamu harus mengetahui apa kelebihan rak piring berbahan dasar stainless di bawah ini :

 

1. Sangat Mudah Dibersihkan

rak piring stainless steel untuk kitchen set
sumber image: www.tokopedia.com

Teksturnya yang rata dan licin membuat perabotan yang terbuat dari stainless sangat mudah untuk dibersihkan. Kamu bisa membersihkannya menggunakan air atau cairan lainnya. Tenang, tidak akan terserap kok, karena stainless tidak mempunyai pori atau lubang.

 

2. Kualitasnya Baik

rak piring stainless 4 susun
sumber image: www.shopee.co.id

Stainless termasuk bahan yang paling ideal digunakan untuk menyimpan peralatan dapur. Entah itu di restoran, rumah atau hotel. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak budget, karena awet dan tahan lama. Biaya perawatannya juga cukup murah loh.

 

3. Bersifat Isolator

rak piring stainless 3 tingkat
sumber image: www.walmart.com

Sifat isolator yang dimilikinya, membuat rak yang terbuat dari stainless tidak mudah menempel dengan bahan lain di sekitarnya. Sehingga bebas dari kotoran atau kerak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika meletakannya berdempetan dengan keramik dapur. Peralatan dan makanan juga tidak akan bercampur dengan kuman atau bakteri.

 

4. Tidak Mudah Retak

model rak piring stainless
sumber image: www.aliexpress.com

Bahannya terbuat dari perpaduan logam dan aluminium.

Maka bisa dibilang merupakan bahan yang paling kuat untuk inspirasi dekorasi dapur minimalis kamu. Tidak mudah penyok atau patah hanya karena benturan atau jatuh. Sehingga sangat pas jika digunakan untuk meletakkan piring atau perabotan yang cukup berat (dengan syarat harus memperhatikan ukurannya).

 

5. Tidak Keropos dan Mencegah Oksidasi

Kelebihan yang lainnya adalah tidak mudah keropos. Sehingga tetap menjaga keutuhan bentuknya. Tahan terhadap udara lembab karena mempunyai sedikitnya 16 hingga 24% kromium dan 35 nikel yang mampu mencegah terjadinya oksidasi.

 

6. Tidak Memberikan Pengaruh Apapun Terhadap Makanan

lemari rak piring stainless steel
sumber image: mykitchenzone.com

Lebih multifungsi dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam artian, tidak akan mempengaruhi apapun pada alat yang akan digunakan untuk makan.

Jadi, tetap aman digunakan ya.

Sekedar informasi, walaupun harga rak piring stainless relatif mahal. Tapi hal tersebut akan sebanding dengan kualitas yang akan didapatkan.

Namun, bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bersifat konduktor (tidak tahan panas). Sehingga kamu tetap harus menjaganya jangan sampai terlalu dekat dengan listrik atau kompor dapur.

 

7 Tips Memilih Rak Piring Stainless yang Harus Diikuti

Kelebihan atau keunggulan rak piring stainless di atas hanya bisa kamu dapatkan ketika membelinya dengan cermat. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti beberapa tips dibawah ini agar tidak salah. Karena bagaimanapun pasti akan berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan penghuni rumah terutama area dapur minimalis.

 

1. Ketahui Apa Saja Jenisnya

rak piring stainless kecil
sumber image: www.homedepot.com

Kamu harus mengetahui apa saja jenisnya:

a. Pertama adalah rak dengan tampungan air di bawahnya. Model ini sangat cocok diletakkan di samping wastafel.

b. Kedua adalah model rak piring stainless tinggi untuk dapur yang minimalis (tidak memakan banyak tempat).

c. Ketiga, built in yang indah, terbuka dan tersedia dalam berbagai macam ukuran.

d. Keempat, rak dinding (menempel di dinding) yang bisa menampung dalam skala kecil saja.

e. Kelima stainless model lingkaran yang hanya bisa digunakan untuk meletakkan piring dan sendok saja.

f. Terakhir, rak piring stainless besar yang mampu mengcover semua perabotanmu.

Pilihlah salah satu sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Memahami Fungsi Rak Piring Stainless

Seperti yang telah dijelaskan di atas. Banyak sekali model dan jenis rak piring. Mulai dari yang kecil ke besar, rak piring stainless 3 tingkat dan juga ada yang rak piring stainless 4 susun.  Kamu tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan, pahami fungsinya supaya pas untuk dekorasi dapur minimalis kalian.

Misalkan jika membutuhkannya untuk skala kecil yang diletakkan di meja makan. Lebih baik membeli yang berbentuk lingkaran.

 

3. Sesuaikan dengan Space yang Disediakan

rak piring stainless besar
sumber image: www.amazon.com

Ketiga, perhatikan ukuran rak stainless karena bukan hanya sekedar tempat untuk meletakkan peralatan saja, tetapi juga harus memperhatikan nilai estetikanya. Kamu bisa menyesuaikan ukuran rak dengan space yang telah disediakan.  Misalnya disediakan space sebesar ½ meter di samping wastafel. Maka pilihlah rak yang kurang dari ukuran tersebut.

Pastikan kamu untuk tidak sampai membeli rak yang terlalu besar, sehingga hal itu akan berpengaruh pada tampilan juga akan memakan banyak space. Atau terlalu tinggi dan terhalang atap.

 

4. Kemampuan Menyimpan Perabotan

rak piring stainless steel
sumber image: www.amazon.com

Keempat, sesuaikan rak dengan perabot yang akan diletakkan. Jika kamu single atau pasangan yang baru saja menikah lebih baik membeli yang rak piring stainless kecil saja. Karena peralatannnya belum terlalu banyak, juga untuk menghemat budget.

Tapi sebaliknya, apabila jumlah anggota keluarga banyak hendaknya membeli yang besar.

 

5. Perhatikan Kualitas Bahan Utamanya

rak piring stainless gantung
sumber image: www.amazon.com

Kekuatan bahan utamanya harus diperhatikan. Jika piring atau gelas terbuat dari melamin yang ringan, konstruksi yang lemah bukan menjadi masalah besar.

Berbeda lagi jika terbuat dari keramik, maka hendaknya memilih yang kuat.

Jangan sampai ada kejadian ambruk, karena rak piring tidak kuat dalam menahan beban. Akibatnya, perabot kesayangan menjadi hancur berantakan. Jika tidak ingin hal ini terjadi, pastikan sambungan antar bagian sudah kuat, slot tiap kompartemen tinggi dengan jarak yang pas. Sehingga mampu menahan semua perabotan.

Seperti gambar di atas merupakan jenis rak piring stainless gantung yang bisa kamu pertimbangkan.

 

6. Pilihlah yang Memiliki Banyak Fungsi

rak piring stainless kaca
sumber image: www.shopee.co.id

Usahakan untuk memilih lemari rak piring yang mampu menyimpan berbagai macam jenis peralatan dapur secara efisien. Jangan membeli yang hanya mampu menampung gelas atau piring saja. Tidak harus yang berukuran besar kok asalkan mampu mengcover semuanya.

Sampai sini paham kan?

 

7. Bandingkan Harga Terlebiih Dahulu

Membeli perlengkapan untuk dapur, tidak bisa terburu-buru. Kamu harus membandingkan antara toko satu dengan lainnya. Sehingga menemukan harga yang pas. Sesuai dengan kualitas yang diberikan. Dengan cara ini, Kamu bisa lebih mengontrol pengeluaran dan bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain.

 

8. Pilih Toko yang Terpercaya

rak piring gantung stainless steel

Terakhir, hendaknya memilih toko yang bisa diperacaya. Karena tidak semuanya rak piring yang terbuat dari stainless adalah asli. Jangan sampai karena tergiur dengan promosi yang terlihat meyakinkan tapi pada kenyatannya baru dipakai beberapa bulan sudah berkarat.

Pasti kamu tidak ingin hal ini terjadi kan? Oleh karena itu, pilihlah toko yang bisa dipercaya. Pun jangan melihat harga yang murah saja. Perhatikan juga kualitasnya. Kamu bisa meminta rekomendasi dari keluarga, sahabat atau teman yang memakai peralatan serupa.

 

Kesimpulan

Kamu yang sudah membeli rak piring pastikan harus merawatanya dengan baik. Cukup dengan menggunakan spon serta sabun cuci piring, kamu sudah bisa membuatnya tampak lebih bersih dan terlihat baru. Bisa dilakukan kapan saja ketika sudah terlihat kotor.

Jangan lupa untuk membersihkan sekitar dapur. Seperti wastafel dapur, dinding dan lain sebagainya agar tetap terlihat indah.

Memilih rak piring stainless harus dilakukan secara hati-hati, tidak bisa asal pilih.

Dengan 8 cara di atas, diharapkan kalian bisa memilih mana yang terbaik, asli dan berkualitas  untuk meletakkan perabot dan menambah estetika dapur kamu. Apalagi kamu memilih rak piring stainless kaca, pastikan ketebalannya komponen kacanya lebih dari 6 milimeter.

Sekian tips dapur dari kami semoga bisa membantu.

 

Leave a Comment