8 Tips Memilih Lampu Dapur Minimalis

Lampu adalah sebuah komponen penting dalam rumah termasuk bagian dapur. Selain untuk  penerangan, juga sebagai desain interior yang unik. Model minimalis adalah yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Selain harganya murah juga tidak mengurangi banyak tempat. Berikut ini tips memilih lampu dapur minimalis yang bisa Anda ikuti.

Mengapa Harus Menggunakan Lampu Minimalis untuk Dapur?

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus mengetahui alasan kenapa harus menggunakan lampu minimalis untuk dapur. Mengapa tidak yang biasa saja? Apakah berkaitan dengan keindahan ruangan?

 

1. Menghemat Energi

Pertama penggunaan kemampuannya dalam menghemat energi. Sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk membayar listrik. Bisa dialokasikan untuk yang lain. Entah itu menabung untuk masa depan atau biaya pendidikan.

led lampu dapur cantik hemat energy
sumber image : decorits.com

 

2. Tampilan Rumah Terlihat Lebih Luas

Kedua, tampilan rumah akan terlihat lebih luas. Lampu memiliki peran yang cukup besar mengenai persepsi sebuah ruangan. Seluas apapun ukurannya akan terlihat lebih sempit jika tidak diimbangi dengan pencahayaan yang baik, begitupun sebaliknya. Apalagi untuk dapur yang membutuhkan penerangan maksimal agar aktivitas memasak berjalan dengan lancar.

Lampu minimalis adalah piliihan yang tepat. Anda bisa membeli yang modelnya bagus agar dapur terlihat lebih indah.

led lampu dapur modern warna orange ruangan terlihat luas
sumber image : www.pinterest.com

 

3. Terhindar dari Pengap

Ketiga, agar Anda terhindar dari pengap. Apalagi pada bagian dapur yang biasanya digunakan untuk menampung banyak perabotan. Pasti Anda menginginkan pengalaman memasak lebih menyenangkan dan nyaman kan?

dekorasi dapur dengan model lampu dapur minimalis
sumber image : certified-lighting.com

 

4. Membantu Pekerjaan Memasak

Bebeberapa studi telah menyebutkan bahwa pencahayaan dalam rumah mempengaruhi kualitas energi dan mood manusia. Lampu kecil yang biasanya diletakkan pada desain dapur kecil minimalis bagian bawah kabinet dapur akan sangat membantu kamu dalam mengolah masakan agar tidak salah dalam memilih bumbu.

Makanan yang dihasilkan pun menjadi lebih lezat dan semakin semangat menjalani hari. Juga untuk menghindari kecelakaan, seperti tergores pisau atau terkena minyak panas.

desain lampu dapur minimalis untuk penerangan memasak
sumber image : certified-lighting.com

Lalu apakah tidak boleh menggunakan lampu yang lebih besar untuk dapur? Boleh, tergantung selera dan ukuran ruangan Anda. Tetapi untuk rumah yang bermodel minimalis, tidakkah lebih baik memasang lampu yang senada?

 

Tips Memilih Lampu Dapur Minimalis

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih lampu dapur agar tampak lebih indah. Karena bagaimana pun, penerangan yang baik dipercaya mampu memberikan kenyamanan, kehangatan dan meningkatkan mood para penghuninya. Simak beberapa poin di bawah ini :

 

1. Pertimbangkan Warna Cat Dapur

Kesalahannya banyak orang ketika memilih lampu dapur, mereka tidak memerhatikan elemen di sekitarnya. Dalam artian 100% tidak cocok. Misalnya kitchen set berwarna abu-abu, maka hendaknya memilih warna penerangan yang lebih cerah, jangan sama gelapnya.

lampu gantung dapur minimalis warna hangat
sumber image : hgtv.com

 

2. Pertimbangkan Ukuran Lampu Minimalis

Sebelum memasangnya, Anda harus mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Baru kemudian memperhitungkan ukuran lampu. Misalnya ingin meletakkannya di atas meja makan, maka pilihlah yang lampu dengan diameter tidak lebih dari 30-40 cm, agar tidak mengganggu dan memeroleh cahaya yang pas.

lampu gantung minimalis
sumber image : www.pricearchive.org

 

3. Perhatikan Warna Lampu

Anda sebelum membeli lampu untuk dapur diharuskan mempertimbangkan tempat meletakkanya. Pilihlah bentuk dan pencahayaan yang pas. Entah itu di koridor, kitchen set atau kamar mandi. Misalnya lebih baik meletakkan lampu dengan cahaya berwarna putih di kamar mandi, dan kuning di atas meja makan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena warna yang berbeda akan menciptakan kesan dan nuansanya masing-masing. Anda disarankan untuk memasang indirect light pada bagian bawah kabinet kitchen set, atau bisa juga pada lemari penyimpanan. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mengindari kecelakaan dalam memasak.

lampu minimalis kitchen set
sumber image : www.cloverelectric.com

 

4. Perhitungkan ke Mana Arah Jatuh Lampu

Keempat, perhatikan ke mana arah jatuh lampu sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Misalnya untuk kitchen set pasti kamu membutuhkan pencahayaan ke bawah, bukan ke samping atau ke atas. Pun perhatikan juga jaraknya, agar kepala tidak terbentur.

lampu dapur minimalis model gantung hitam
sumber image: www.build.com

 

5. Jangan Takut Menambah Jumlah Lampu

Bentuk lampu gantung dapur minimalis tidak terlalu besar, sudah pasti pantulan cahayanya tidak akan bisa mengcover semua ruangan (apabila bentuknya besar). Maka jangan ragu untuk menambah jumlahnya. Pastikan Anda memilih yang sejenis.

lampu gantung dapur minimalis dengan banyak lampu
sumber image : certified-lighting.com

 

6. Pertimbangkan Konsep dan Suasana Ruangan

Anda harus mempertimbangkan konsep dan suasana ruangan. Apakah bergaya klasik, modern, vintage atau yang lainnya. Usahakan serasi, agar nampak lebih indah dan mampu meningkatkan mood Anda dalam memasak.

konsep desain dapur minimalis dengan lampu dapur elegan
sumber image : www.google.com

 

7. Pilih yang Modelnya Unik

Banyak sekali model untuk lampu dapur. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan. Namun pastikan plafon  kuat untuk menahannya. Perhatikan komponen dan bahan utama yang digunakan. Untuk cari aman, pilihlah yang tidak terlalu berat alias enteng.

model lampu gantung unik untuk dapur minimalis
sumber image : markashbydesign.com

 

8. Pertimbangkan Budet untuk Membeli dan Merawat Lampu

Terakhir, pertimbangkan budget untuk membeli dan merawat lampu. Pastikan Anda memilih yang berkualitas tinggi namun tetap hemat energi. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan, pilihlah model yang  tidak menyusahkan kamu. Hal ini penting dilakukan agar tidak mudah rusak dan tetap safety. Pastinya kamu tidak ingin hal buruk terjadi kan?

lampu dapur rumah minimalis tema biru muda
sumber image: certified-lighting.com

Beberapa tips di atas, harus kamu lakukan agar tidak salah dalam memilih penerangan untuk dapur. Jangan sampai meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya karena hal tersebut akan mempengaruhi kinerja, kenyamanan dan keamanan saat memasak.

 

Memilih Pencahayaan yang Tepat untuk Dapur Modern

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dapur merupakan komponen penting dalam rumah yang membutuhkan pencahayaan yang tepat agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu juga dapat mempercantik tampilan dapur. Sehingga kamu dan orang yang berkunjung menjadi nyaman.

Sebenarnya, jika ditanya pencahayaan apa yang paling idel untuk area dapur adalah yang baik, tidak suram tetapi juga tidak menyilaukan. Anda bisa membeli lampu jenis downlight ditambah dengan haisan yang mampu menambah daya tarik.

lampu gantung untuk dapur modern
sumber image: www.pinterest.com

Rumah di Indonesia sengaja dibentuk minimalis atau kontemporer seperti pada umumnya. Oleh karena itu, model lampu juga harus menyesuaikan.

Modelnya simpel tetapi tetap sinkron dengan konsep yang diusung. Dalam dapur ada dua konsep penerangan yang digunakan mayoritas orang, yaitu menyeluruh dan terfokus. Menyeluruh digunakan untuk menerangi seluruh ruangan.

Terfokus digunakan untuk membantu kelancaran memasak yang biasanya diletakkan di bagian bawah kabinet kitchen set.

Kalian bisa memilih jenis lampu linier atau memanjang untuk penerangan menyeluruh. Karena akan menimbulkan efek menyebar, sehingga ruangan terlihat lebih terang. Contohnya adalah jenis tube lamp (TL) atau flourescent tube (neon).

Kamu yang memilih pencahayaan yang tepat untuk dapur modern, kamu juga harus menyesuaikannya dengan suasana yang ingin ditampilkan. Misalnya jika ingin menciptakan kehangatan dan keakraban maka bisa menggunakan lampu yang bercahaya kekuningan. Tetapi jika ingin membentuk kesan ceria maka putih adalah pilihan yang tepat, lebih terang dan bersemangat.

Lampu dapur minimalis terdiri dari berbagai jenis. Kamu bisa menanyakannya langsung kepada si penjual atau mencari referensi dari teman terlebih dahulu. Pastikan memilih yang tepat, sesuai dengan konsep ruangan, safety, dan menghemat budget ya.

 

 

Leave a Comment